Blog Personal tentang tips Blogging dan Internet Marketing

17 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Siapa sih yang nggak kepengin blognya ramai pengunjung kayak pasar malam? Meskipun sobat ngeblog cuma karena iseng, kalau blognya kebanjiran pengunjung pasti bakalan seneng. Ya, kan?

Apalagi bagi yang ingin menghasilkan uang dari blog, meningkatkan pengunjung blog merupakan sebuah keharusan. Jika pengunjung blog semakin banyak tentunya semakin banyak pula uang yang bisa dihasilkan.

Cuma yang menjadi pertanyaan adalah, gimana sih sebenernya cara meningkatkan pengunjung blog?

Pertanyaan ini adalah salah satu dari sekian banyak pertanyaan yang paling sering saya dapatkan. Entah itu di email, di komentar blog, di facebook, di mana saja.

Nah pada postingan ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan apa yang saya ketahui dan saya yakini.

Ok, langsung saja ya…


17 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Kenapa blog saya sepi pengunjung?



Sebelum saya berikan tips-tips untuk meningkatkan pengunjung blog, nggak ada salahnya kita mulai dulu dengan mencari tahu apa saja yang mungkin menjadi penyebab kenapa blog sobat sepi pengunjung.

Berdasarkan dari pengalaman yang saya miliki, berikut ini adalah beberapa hal yang menurut saya sering menjadi penghalang sebuah blog untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung:

  1. Baru belajar ngeblog kemaren sore
    Penyebab paling jelas adalah karena baru belajar ngeblog dan belum memiliki banyak pengalaman tentang blog.
    Membuat blog memang gampang, semua orang bisa melakukannya, tapi untuk membuat blog sampai bisa populer dan mendapatkan banyak pengunjung bukanlah sebuah hal yang mudah.
    Jika sobat merasa baru belajar ngeblog, maka nggak perlu bingung atau khawatir jika blognya masih sepi pengunjung. Hal tersebut sangatlah wajar karena semua butuh waktu dan proses.
    Tapi jika sobat sudah lama ngeblog dan blognya tetap saja sepi pengunjung, maka kemungkinan ada yang salah dengan cara ngeblognya. Solusinya silakan bisa lanjut membaca.
  2. Berharap pengunjung bakalan datang sendiri
    Sobat pasti pernah mendengar seorang blogger yang memberi nasehat seperti ini:
    Rajin update aja, nanti pengunjung bakalan datang sendiri
    Sebenernya nggak ada yang salah dengan nasehat tersebut, cuma menurut saya kurang tepat dan bisa menyesatkan.
    Kenapa?
    Jika sobat ngeblog 10 tahun yang lalu mungkin cara tersebut masih efektif karena dulu belum begitu banyak blogger. Selain itu blog-blog yang rajin update cenderung mendapatkan ranking yang bagus di Google.
    Tapi kalau sekarang? cuma modal rajin update saja nggak bakalan cukup. Masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah melakukan promosi blog dengan cara yang benar.
  3. Konten biasa-biasa aja
    Salah satu kunci sukses sebuah blog adalah kualitas konten di dalamnya. Jika sobat ingin mendapatkan banyak pengunjung maka perhatikan dulu kualitas konten di blog sobat.
    Apalagi jika blog sobat membahas topik yang sudah sangat ramai oleh persaingan, jika konten di blog sobat biasa-biasa saja, maka ujung-ujungnya hanya akan tenggelam di tengah ketatnya persaingan.
    Jika merasa konten di blog sobat masih banyak yang perlu diperbaiki, maka fokus dulu untuk memperbaiki konten supaya lebih baik lagi, jangan terlalu memikirkan gimana supaya blognya kebanjiran pengunjung.
    Jangan lupa baca postingan saya yang berjudul: 10 tips menulis artikel blog agar disukai pembaca.
  4. Menganggap semua blog itu sama
    Di postingan saya tantang cara menghasilkan uang dari blog saya pernah menjelaskan bahwa blog memiliki banyak sekali jenis. Yups, nggak semua blog itu sama, mulai dari tujuan, topik, target pengunjung, dan lain-lain berbeda-beda dari satu blog ke blog yang lain.
    Nah karena setiap blog itu berbeda-beda, maka strategi promosinya juga berbeda-beda. Ada yang efektif pakai cara ini, ada yang efektif pakai cara itu, dan lain-lain.
    Jika sobat ingin blognya mendapatkan banyak pengunjung, maka sobat harus paham dengan perbedaan-perbedaan tersebut, alasannya supaya sobat bisa menemukan strategi promosi yang tepat untuk blog sobat sendiri.

    Beberapa penyebab lain…
    Selain beberapa hal di atas, masih banyak hal-hal lain yang mungkin bisa menjadi penyebab kenapa blog sepi pengunjung. Salah satunya adalah masalah teknis seperti desain blog yang berantakan dan juga loading blog yang super berat.
    Tapi 4 hal yang sudah saya jelaskan di atas menurut saya adalah yang paling penting.

Cara meningkatkan pengunjung blog



Nah sekarang bagian yang sedang sobat tunggu-tunggu, yaitu tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengunjung blog sobat.
Beberapa tips yang akan saya berikan di bawah ini sudah saya terapkan di blog saya sendiri, tapi ada juga yang tidak atau belum saya terapkan.
Silakan langsung disimak saja ya…
  1. Search Engine Optimization (SEO)
    Melakukan optimisasi mesin pencari atau SEO merupakan cara meningkatkan pengunjung blog paling populer yang hampir dilakukan oleh semua blogger
    Kenapa bisa begitu?
    Karena mesin pencari merupakan sumber trafik blog terbesar yang ada di internet. Selain itu, SEO cocok diterapakan untuk segala jenis blog. Entah itu blog niche, blog micro nice, blog gado-gado, blog berita, blog bisnis, blog personal, blog apa aja.
    Tapi meskipun begitu saya nggak tahu kenapa ada beberapa blogger yang mengganggap SEO itu nggak penting dan cuma buang-buang waktu.
    SEO itu penting bro….!!!. Cuma memang, belajar SEO itu nggak mudah karena SEO selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Butuh ketekunan, kesabaran, serta semangat pantang menyerah agar bisa menguasai ilmu SEO.
    Tapi… apakah untuk bisa mendapatkan pengunjung dari mesin pencari harus menjadi ahli SEO? TIDAK!!
    Ini yang kadang-kadang banyak blogger yang salah paham, khususnya blogger pemula. Untuk bisa mendapatkan pengunjung dari mesin pencari sobat nggak harus jadi ahli SEO, pakar SEO, master SEO, atau apalah. Cukup dengan teknik SEO tingkat dasar saja sudah cukup untuk membantu blog sobat mendapatkan pengunjung dari mesin pencari.
    Salah satu contohnya adalah:
    Melakukan riset keyword sebelum membuat postingan.
    Membuat postingan agar disukai Google.
    Selain itu, hindari kesalahan-kesalahan SEO yang sering dilakukan pemula.
  2. Promosi melalui Media Sosial
    Banyak yang sudah tahu kalau media sosial merupakan sumber trafik terbesar kedua setelah mesin pencari, tapi nggak sedikit juga yang sering mengeluh seperti ini:
    Mas, saya sudah share link di status facebook tapi kok nggak ada pengunjung yang mampir?
    Mas, saya sudah nyebar link di grup facebook tapi kok blognya tetep aja sepi?
    Sama halnya seperti SEO, promosi melalui media sosial juga ada ilmunya, nggak segampang nyebar link lewat status terus blognya langsung kebanjiran pengunjung.
    Di sini saya tidak akan memberikan secara detail tentang cara promosi yang efektif melalui sosial media, tapi ada beberapa prinsip penting yang perlu sobat tahu jika ingin mempromosikan blog melalui media sosial.
    • Cukup aktif di satu media sosial saja
      Pilih media sosial yang sobat secara pribadi memang menyukainya, atau sesuaikan dengan target pengunjung blog sobat. Jika target pengunjungnya lebih banyak aktif di Twitter maka aktiflah di Twitter.
    • Gunakan media sosial sesuai dengan namanya
      Jangan gunakan media sosial semata-mata hanya untuk mempromosikan blog sobat, karena saya yakin cara tersebut nggak bakalan efektif. Gunakan media sosial sesuai dengan namanya, yaitu untuk aktivitas sosial.
    • Bangun pembaca dulu, baru promosi
      Maksudnya gini, banyakin dulu jumlah teman atau follower akun media sosial sobat setelah itu baru melakukan promosi.
  3. Berkomentar di blog orang lain (blogwalking)
    Berkomentar di blog orang lain bisa dibilang merupakan cara paling gampang untuk meningkatkan pengunjung blog. Hampir semua blogger pasti pernah melakukannya. Saya dulu juga begitu.
    Meskipun cara ini nggak akan bisa membuat blog sobat langsung ramai kayak pasar, tapi menurut saya cukup penting khususnya bagi blogger pemula.
    Saya masih ingat betul ketika blog ini mendapat komentar dari pengunjung untuk pertama kalinya, nah pengunjung tesebut saya dapatkan dari hasil berkomentar di blog orang lain.
    Dari komentar pertama tersebutlah yang membuat saya semangat dan akhirnya bisa konsisten ngeblog sampai sekarang.
  4. Bagi-bagi gratisan
    Semua orang suka gratisan, tak terkecuali saya. Karena hal tersebut, bagi-bagi gratisan di blog bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan pengunjung blog.
    Cara ini sudah saya terapkan sejak awal blog ini saya buat. Beberapa dari sobat pasti sudah tahu kalau saya bagi-bagi Template Blogger Gratis dan juga Blog Zombie gratis.
    Tentu saja banyak hal lain yang bisa dibagikan gratis di blog selain template blogger dan juga blog zombie.
    Contohnya:
    Ebook
    Software
    Audio
    Video
    Foto
    Desain Gambar
    Dan macem-macem
  5. Peduli dengan pengunjung
    Ini juga salah satu yang sudah saya lakukan sejak pertama saya membuat blog ini, yaitu peduli dengan pengunjung.
    Contoh kepedulian tersebut bisa seperti membalas komentar pengunjung, membalas email dari pengunjung, dan juga bagi-bagi gratisan seperti yang sudah saya jelaskan pada poin nomor 4.
    Sedikit apapun pengunjung blog sobat saat ini, jika sobat peduli dengan pengunjung bukan tidak mungkin pengunjung yang sedikit tersebut bisa menjadi pintu gerbang untuk ribuan atau bahkan ratusan ribu pengunjung yang lain.
  6. Menulis di blog orang lain
    Meskipun saya nggak pernah menggunakan cara ini, tapi menulis di blog orang lain atau guest posting merupakan cara yang cukup efektif untuk menjaring pembaca, khususnya jika blog sobat masih baru.
    Mungkin sobat bertanya-tanya:
    Kalau bisa nulis di blog sendiri kenapa harus nulis di blog orang lain?
    Karena nggak peduli seberapa keren atau seberapa ganteng konten di blog sobat, jika blog sobat masih baru maka kemungkinan besar nggak bakalan ada yang baca.
    Nah jika sobat menulis konten berkualitas di blog orang lain yang sudah memiliki banyak pembaca, maka sobat bisa menarik perhatian pembaca blog tersebut agar berkunjung ke blog sobat yang masih baru. Dan akhirnya sobat mendapatkan pembaca gratis.
    Selain untuk menjaring pembaca, guest posting juga terkenal mantab sebagai salah satu strategi untuk mendapatkan backlink berkualitas secara gratis. Pokoknya mantab banget.
  7. Aktif di forum
    Forum juga bisa menjadi tempat yang bagus untuk menjaring pengunjung. Tapi tentunya promosi blog di forum juga nggak boleh sembarangan.
    Cari forum-forum yang sesuai dengan topik blog sobat dan aktiflah di dalamnya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ataupun membuat thread-thread yang bermanfaat.
  8. Aktif di situs tanya jawab
    Situs tanya jawab sebenernya hampir nggak ada bedanya dengan forum, cuma situs ini lebih fokus sebagai tempat untuk saling tanya jawab.
    Sobat bisa aktif di situs seperti ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada, tentunya sambil mencantumkan alamat blog sobat jika diperlukan.
    Beberapa situs tanya jawab yang populer adalah:
    Yahoo! Answer
    Quora
    Answers.com
    dll.
  9. Submit artikel di situs social bookmarking
    Selain terkenal sebagai salah satu cara untuk mendapatkan backlink gratis, situs social bookmarking juga bisa dijadikan sebagai sumber untuk mendapatkan pengunjung.
    Nggak sedikit loh blogger yang mendapatkan ribuan pengunjung perharinya hanya dengan mengandalkan situs social bookmarking.
  10. Upload video di Youtube
    Youtube merupakan website paling banyak dikunjungi urutan ketiga di dunia di bawah Google dan Facebook. Hal tersebut sudah pasti membuat youtube menjadi salah satu sumber lain yang nggak kalah keren untuk mendapatkan pengunjung blog.
    Sobat bisa mengupload video di youtube tentang hal-hal yang berkaitan dengan topik di blog sobat.
  11. Buat judul postingan yang “menggoda”
    Judul postingan merupakan bagian pertama yang dibaca oleh pengunjung blog. Jika judul postingannya nggak menarik dan terkesan membosankan, maka kemungkinan pengunjung blog tersebut bakalan kabur duluan sebelum membaca postingannya.
    Selain itu judul yang postingan yang “menggoda” juga bisa membuat orang yang sebelumnya nggak niat untuk baca menjadi penasaran karena melihat judul yang begitu “menggoda” tersebut.
  12. Buat postingan yang sedang HOT
    HOT yang saya maksud bukan HOT yang itu, tapi maksudnya menulis topik postingan yang lagi ngetrend.
    Untuk cara mengetahui topik apa aja yang sedang ngetrend, sobat bisa pantengin Google Trends.
  13. Buat postingan kontroversial
    Cara ini bisa sangat efektif untuk mengundang banyak pengunjung karena postingan kontroversial sangat mudah sekali menyebar, apalagi dengan bantuan media sosial. Tapi cara ini juga cukup beresiko.
    Jika sobat ingin menggunakan cara ini, sobat harus benar-benar paham dengan apa yang sobat tulis dan harus siap dengan efek negatifnya (mendapatkan banyak haters).
  14. Pasang iklan PPC
    Kayaknya jarang ada blogger yang promosi blog dengan memasang iklan PPC, alasannya sudah pasti karena harus ngeluarin modal.
    Tapi jika sobat punya banyak uang, nggak ada salahnya untuk memasang iklan PCC.
    Dalam hal ini sobat bisa menggunakan layanan dari Google bernama Google AdWords.
  15. Pasang iklan di blog orang lain
    Atau kalau nggak mau ribet, sobat bisa juga memasang iklan secara langsung di blog atau website orang lain.
    Usahakan blog yang sobat pasangi iklan memiliki topik yang sama atau setidaknya berkaitan.
  16. Pasang alamat blog di baju
    Cara yang sedikit nggak biasa, yaitu dengan memasang alamat blog di baju setelah itu pakailah baju tersebut di tempat keramaian agar banyak orang yang melihatnya.
  17. Dan masih banyak lagi…
    Selain cara-cara yang sudah saya jelaskan panjang lebar di atas, masih ada lagi puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan cara lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengunjung blog.

Kesimpulan



Setelah membaca postingan di atas mungkin sekarang sobat bingung:
Kira-kira yang mana yang sebaiknya saya lakukan?
Jika sobat baru belajar ngeblog, maka saya sarankan untuk menggunakan cara yang menurut sobat paling mudah dulu. Nah, kalau nanti sudah cukup banyak pengalaman tentang blog baru deh mencoba cara yang agak sulit.
Kalau cuma ngandelin cara yang mudah aja bisa nggak?
Bisa. yang penting harus sabar nunggu bertahun-tahun sampai blognya ramai pengunjung.
Kok harus nunggu lama?
Karena tingkat kesulitan cara yang dilakukan biasanya berbanding lurus dengan hasil yang didapatkan.
Ayo Like Facebooknya
Tag : Blogging

Share this:

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Berlangganan :
Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari langsung di pesan kotak masuk.

feedburner


Anda telah membaca artikel :
17 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog
Semoga bermanfaat, Terima kasih.
Cara style text di komentar Disqus:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top