Blog Personal tentang tips Blogging dan Internet Marketing

Cara Membuat Custom Google Search Engine (CSE)

Cara membuat google search engine di blog. Sebenarnya gadget ini sudah disediakan oleh blogspot, kita tinggal memakainya dengan cara add gadget. Tapi pada kenyataannya pada blogger menginginkan yang lebih dari sekedar itu. Kali ini akan dibahas cara membuat google search engine di blog melalui Custom Search yang juga disediakan oleh Google untuk kepentingan pada blogger meng-customize mesin pencarinya.

Bagi Anda yang sudah memiliki Account Google AdSense, bisa mengintegrasikan Custom Search-nya untuk Monetizing

Baiklah kita langsung saja tutorialnya :

  1. Login ke account google Anda, kemudian masuk di sini tampilannya seperti di bawah ini :

  2. Lalu Anda bisa langsung menambahkan mesin pencari yang akan dibuat dengan meng-klik tombol "ADD", seperti gambar di bawah ini :

  3. Setelah itu Anda diminta untuk mengisi kolom "Site to search", di sini Anda masukkan URL blog Anda tanpa "http" seperti contoh yang Anda lihat "www.example.com". Kemudian turun kebawah untuk mengisi kolom "Name of the search engine", di sini Anda isikan dengan nama mesin pencari yang Anda inginkan, sekedar info mungkin sesuaikan dengan nama blog Anda. Terakhir Klik tombol "CREATE", seperti gambar di bawah ini :

  4. Setelah Anda berhasil (Congratulations) mengisi URL blog Anda dan memberi nama mesin pencari situs dan, kemudian klik tombol "Control Panel", seperti gambar di bawah ini :

  5. Kemudian Anda akan melihat nama mesin pencari situs yang baru saja dibuat, di bawah tulisan "Edit search engine" "Bengkel Blog". Lalu Anda klik tombol "SETUP". Disini Anda bisa melengkapi keterangan dari mesin pencari situs Anda, seperti deskripsi dan keywords untuk mesin pencari situs Anda. Setelah itu Anda klik tombol "Your search Engine ID" yang merupakan ID mesin pencari situs Anda. Dicopy dan pasate pada file editor TXT dan simpan, karena ini akan digunakan nanti, seperti gambar di bawah ini :



    Lalu pilih "ADVANCE" untuk mengubah "Search engine endcoding" yang akan digunakan menjadi "West European Latin-1 (ISO-8859-1)", seperti gambar di bawah ini :

  6. Sudah sampai di sini, lalu Anda pilih tombol "LOOK AND FEEL" kemudian klik "LAYOUT". Anda pilih "RESULTS ONLY" kemudian klik tombol "SAVE & GET CODE", seperti gambar di bawah ini :

  7. Setelah Anda mengklik tombol "SAVE & GET CODE" Anda akan mendapatkan kode script untuk hasil mesin pencari situs, seperti ini kode scriptnya :

  8. Selesai, kini Anda tinggal menempatkan script hasil mesin pencari situs tersebut di bagian mana pada blog Anda, sekedar info Anda bisa tempatkan di halaman statis akan lebih menarik.

Bagi Anda yang sudah mempunyai account Google Adsense dapat meng-integrasikan mesin pencari situs ini dengan cara, pilih "MAKE MONEY" pada menu, lalu aktifkan "SEARCH ENGINE MONETIZATION" dengan memilih "ON". Secara otomatis akan muncul account google Adsense yang dintegrasikan kepada mesin pencari situs yang baru saja dibuat.


Ayo Like Facebooknya
Tag : Blogging

Share this:

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Berlangganan :
Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari langsung di pesan kotak masuk.

feedburner


Anda telah membaca artikel :
Cara Membuat Custom Google Search Engine (CSE)
Semoga bermanfaat, Terima kasih.
Cara style text di komentar Disqus:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top